Search
Close this search box.
Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi saat menjelaskan terkait Data dan Fakta Kondisi Perberasan Indonesia Terkini kepada sejumlah awak media di Jakarta, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Harianto

HET Beras Tak Berubah, Bulog Jamin Pasokan Aman

Di tengah kenaikan harga beras di sejumlah daerah, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menegaskan bahwa tidak ada perubahan atau penyesuaian Harga Eceran Tertinggi (HET) beras.

“Tegas, HET tidak disesuaikan. HET sudah diputuskan dengan Presiden (Joko Widodo), tidak disesuaikan, jadi tetap,” kata Bayu dalam diskusi bersama media di Jakarta, Selasa, 13 Februari 2024.

Meskipun harga beras premium di beberapa wilayah mencapai Rp15.000-Rp16.000 per kilogram, pemerintah tetap pada HET yang telah ditentukan, yaitu Rp13.900 per kilogram untuk beras premium.

Harga pembelian pemerintah (HPP) untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani juga tidak diubah, yaitu sebesar Rp5.000 per kilogram.

Bulog mencatat kenaikan harga gabah dan beras di beberapa sentra produksi di Indonesia. Di Indramayu, harga gabah mencapai Rp7.350 per kg dan beras premium Rp15.400 per kg. Di Karawang, harga gabah Rp7.150 per kg dan beras premium Rp14.333 per kg.

“Nggak ada perubahan dan belum ada perubahan HET dan HPP,” tegas Bayu.

Pasokan Aman

Untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga, Bulog telah menyalurkan 226 ribu ton beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) secara nasional.

Terakhir, pada Senin (12/2), Bulog menyalurkan 4.000 ton beras SPHP ke Hypermart, Ramayana, Alfamart, Indomaret, Indogrosir, PT Food Station, dan Pasar Induk Cipinang.

HET beras SPHP ditetapkan sebesar Rp10.900 per kg sebagai alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan ketika harga beras premium mahal.

“Jadi, begitu diperintah, kita langsung jalan, ini semuanya SPHP,” kata Bayu.

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta pemerintah untuk merelaksasi HET beras, gula pasir, dan minyak goreng yang berpotensi terus mengalami kenaikan pada Februari 2024.

Namun, Bulog memastikan pasokan beras aman dan HET tidak akan diubah.